Terbaik 5 dan 7 Lomba Cerpen

Cerpen adalah jenis karya sastra yang berbentuk prosa naratif fiktif/ fiksi dimana isinya menceritakan/ menggambarkan kisah suatu tokoh beserta segala konflik dan penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan padat.  Pada umumnya, isi cerita pendek berpusat pada satu tokoh dan situasi tertentu dimana ada puncak masalah (klimaks) dan penyelesaiannya. Selain itu, di dalam cerita pendek atau cerpen terdapat kurang dari 10.000 kata saja, sehingga cenderung singkat dan padat.

Cerpen sendiri sering dilombakan dalam kancah daerah maupun nasional. Salah satu lembaga yang mengadakan adalah sekolah. Lomba ini diadakan untuk melatih daya literasi siswa. SMPIT Bakti Insani juga tidak mau kalah untuk tetap aktif mengikuti lomba tersebut. 

Lima siswa SMPIT Bakti Insani mengikuti lomba membuat cerpen yang diadakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan tema Prosperous Time. Lomba tersebut diberi nama MONACO. Pada perlombaan ini kami mengajukan lima siswa yaitu Asma Naila Rosyidah, Izzatul Ilma Nur Hanifah, Nevine Nabilah, Naila Zulfa Haq dan Shofi Rahmawati. Mereka merupakan siswa kelas 8 dan 9 SMPIT Bakti Insani. Mereka diajukan untuk melatih bakat dalam dunia literasi. 

Dua siswa berhasil mendapatkan predikat terbaik 5 dan 7 dalam penulisan cerpen ini. Predikat terbaik 5 didapatkan oleh Nevine Nabilah, sedangkan predikat terbaik 7 didapatkan oleh Asma Naila Rosyidah. Keduanya merupakan siswa kelas 8 yang menyukai dunia tulis menulis sama seperti teman-teman yang lain yang mengikuti lomba ini. 

Predikat tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk berprestasi di bidang kepenulisan. Harapannya ke depan bakat menulis siswa bisa lebih baik lagi. Walaupun tidak mendapatkan hadiah, akan tetapi pengalaman berharga dan sertifikat yang didapatkan bisa menambah semangat siswa tersebut ataupun yang lain untuk lebih berprestasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.